Penyebab dan Faktor Menderita Wasir

Penyebab dan faktor menderita wasir dapat beragam sesuai dengan gaya hidup clan pola makan seseorang, persentase penderita wasirpun seimbang antara wanita dan pria bahkan anak-anak kecil serta kawula muda, hanya saja wanita lebih beresiko menderita wasir dibandingkan pria karena faktor melahirkan/mengandung, berikut adalah penyebab utama seseorang dapat menderita wasir :

1. POLA MAKAN

Penderita pada umumnya kurang mengkonsumsi makanan berserat sehingga mengakibatkan sulit/susah buang air besar dengan normal sehingga harus mengejang trlalu keras dengan sering.

Penyebab dari falktor pola makan yang tidak seimbang antara makanan pedas dan makanan berserat, kurangnya mengkonsumsi sayuran, buah - buahan dalam porsi makanan setiap harinya, sering mengkonsumsi makanan fastfood ( siap saji ) berakibat asupan nutrisi dalam tubuh akan kurang, sering mengkonsumsi minuman beralkohol ( bersifat sebagai zat yang mengiritasi ) keluhan sulit buang air besar ( fases kering ), memerlukan mengejang yang sangat untuk mendorong keluar tinja/fases saat buang air besar, buang air besar sangat keras akibatnya dinding rektum tergesek oleh tinja yang kering dan mengakibatkan pendarahan, maka luka darah tersebut akan membengkak dan disebut sebagai wasir ( hemorroid )

2. GAYA HIDUP

Dalam kehidupan di era modern ini seringkali teknologi memanjakan manusia untuk beraktifitas dalam hidup, di perkotaan maupun perkampungan sekalipun, teknologi saat ini banyak sekali manfaatnya dan juga tidak tertinggal efek sampingnya, Salah satunya dengan berkembangnya dunia internet, alat komunikasi, komputer, dll.

Yang membuat seseorang sangat semangat menggunakanya sampai-sampai dapat duduk berjam-jam dan lupa waktu sehingga berefek ke pembuluh darah di sekitar pinggang dan dubur tidak bersikulasi dengan normal sehingga dapat menyebabkan berbagai penyakit termasuk wasir.

Berkendara rnenggunakan motor atau alat transportasi lainya secara rutin dalam perjalanan panjang yang mengakibatkan seseorang harus duduk berjam-jampun sangat beresiko tirnbulnya penyakit wasir, aktifitas yang mengakibatkan pressure ( tekanan ) atau kontraksi berlebihan, seperti olahraga terlalu diporsir ( berlebihan ), angkat beban melebihi kapasitas kemampuan seseorang dapat terkena wasir.

Karena kesibukanya sering kali kita lupa untuk rnengkonsumsi air mineral dengan kadar yang cukup sehingga makanan yang dimakan akan kurang cairan untuk mencernanya, sehingga tinja akan mengeras dan membutuhkan mengejang yang kuat atau rnemaksa tinja untuk keluar, dalam proses pengeluaran tinja seperti ini akan menimbulkan gesekan pada dinding rektum yang kemudian akan berkembang inflamasinya dan pembengkakan tersebut akan rnembesar terus dan sempurna untuk rneniadi wasir pada dubur.

Dalam masa kini sudah nienjadi trend seseorang untuk mempunyai postur tubuh yang langsing sehinga diet yang tidak teratur pun sering timbul, seperti kurangnya asupan nutrisi, carbohidrat, protein yang tidak cukup sehingga seseorang jarang sekali membuang air besar setiap harinya, rnaka dalam pola hidup yang seperti itu dapat menirnbulkan wasir baik itu internal maupun eksternal. Maka coba untuk diet yang teratur dan olahraga yang cukup. Efek dari kurangnya berolahraga pun sering kali menyebabkan seseorang menderita wasir.

3. WANITA DALAM MASA KEHAMILAN

Wanita dalam masa kehamilan sering kali berpotensi menderita wasir baik itu saat mengandung ataupun di saat rnelahirkan. Kedua masa tersebut rentan untuk wanita rnenderita wasir dikarenakan proses pembentukan janin telah membuat pelebaran struktural sehinga sering kali rnenimbulkan pressure ( tekanan ) kapada dinding vena anus ( upper layer ) atau dalam proses persalinan yang mewajibkan wanita untuk mengedan guna rnelakukan persalinan yang normal, dalam proses ini sering kali menimbulkan penghambatan aliran darah pada pembuluh darah vena sekitar anus, yang kemudian akan menyebabkan prolapsing( gumpalan darah/benjolan yang keluar struktur ) atau disebut wasir

4. FAKTOR USIA

Faktor usia pun ikut meniadi resiko menderita wasir, dikarenakan orang lanjut usia sering mengalami sembelit. Makin tinggi usia seseorang makin sering ia terkena sembelit. Tinja yang dikeluarkan menjadi keras karena penyerapan air yang berlebihan pada saluran cerna. Keluhan pada saluran pencernaan lebih sering pada manula. Karena tinja yang keras diperlukan tenaga mengedan yang kuat untuk mengeluarkannya sehingga penyakit wasir mudah tenjadi pada orang yang lanjut usia (disebabkan oleh penekanan berlebihan pada plekus hemoroidalis ) fakter lainya yang menyebabkan lanjut usia menderita wasir adalah jarang beraktifitas olah raga rutin, banyak duduk dan tiduran.